Minggu, 19 Januari 2014

TRANSLATE BUKU LONG WALK TO FREEDOM


BAGIAN SATU
Sebuah Anak Negara

Lahir 18 Juli 1918 di Mvezo ke kepala desa Gadla Henry Mphakanqiswa dan salah seorang istrinya, Nodekeni Fanny. Dinamakan Rolihlahla ("menarik cabang-cabang pohon", berkonotasi onar) Mandela, kemudian diakuisisi klan nama Madiba dan diberi nama Nelson Kristen oleh guru pertama.


Ayahnya adalah putra Mandela dari rumah Ixhiba, rumah lebih rendah dari klan Madiba dari Thembu, seorang [Xhosa atau Xhsa, pron. Koh 'sa] suku berbicara. Mvezo adalah di Kecamatan Umtata di Transkei, 800 m timur dari Cape Town, di SE S Afrika, antara sungai Kei ke S, Samudera Hindia ke SE, dan Natal ke NE dan berbatasan N oleh Pegunungan Drakenberg . NM berbicara berulang kali cintanya bukit-bukit dan lembah-lembah yang subur. Ia dibesarkan untuk menjadi konselor bagi Sabata raja masa depan dan tidak sesuai untuk menjadi raja keturunan.


The Nguni dibagi menjadi kelompok Utara (suku Zulu dan Swazi) dan Selatan, Xhosa terdiri dari amaBaca, abeThembu, dll Bantus adalah subdivisi linguistik yang lebih besar mengacu pada bahasa lisan selatan garis dari Kenya ke Kamerun, migran dari daerah Niger dan lebih ke timur.


Para penguasa dari Thembu adalah keturunan dari Raja Ngubengcka / Kepala raja besar Gedung Agung, yang meninggal 1832. Ia digantikan oleh putranya Mthikrakra, yang termasuk anak Ngangelizwe dan Matanzima. Sebuah anak Ngangelizwe adalah Jongilizwe Dalindyebo (wafat pada tahun 1920), yang memiliki putra Jongintaba Dalindyebo (yang "bupati", d 1942, ayah Kehakiman.), Sabata (memerintah 1954 -), Dabulamanzi, Melithafa, Nxebo, dan Meliggili. Matanzima memiliki keturunan KD Matazima (Kalzer Daliwonga), yang kemudian diperebutkan kepemimpinan terhadap NM. The Jongintaba Bupati diangkat dengan ayah NM ini adalah desakan, nikmat ia kemudian dibayar dengan mengambil tanggung jawab untuk NM.


Ayahnya menjabat seperti PM Thembuland tapi adalah, ditunjuk non-keturunan pemimpin, dan kehilangan posisinya setelah tampilan pembangkangan dengan hakim putih lokal. Hal ini menyebabkan meningkatnya kemiskinan dan ibu NM itu dipaksa pindah ke desa Qunu dekat Umtata ketika NM itu bayi. Qunu adalah desa masa kecil NM itu. Sebagian besar ayah tinggal jauh, bekerja di Johannesburg, dan ibunya cenderung tanaman jagung (jagung atau "mealies"), sorgum, dll NM senang untuk tetap melawan, melawan anak laki-laki dari desa lain. Anak-anak diharapkan tidak mengajukan pertanyaan dari orang dewasa. Agama. The abaMfengu yang paling terdidik dan disesuaikan dengan kulit putih. Ibunya menjadi Methodist.


Ayahnya abaMfengu teman saudara Mbelkela merekomendasikan bahwa NM dikirim ke sekolah dan orang tuanya setuju. Dia mulai pukul 7 y / o (1925) dan diberi nama Nelson oleh gurunya.


Ayahnya meninggal karena penyakit paru-paru 1927 pada 9 y / o. The Jongintaba Bupati menawarkan diri untuk menjadi wali dan ibunya segera membawanya ke Great Place, Mqhekezweni, ibukota sementara dari Thembuland dan tempat tinggal kerajaan Jongintaba Dalindyebo dan istrinya No-Inggris. Itu sebuah stasiun misi gereja Methodist dan karena kebarat-baratan. Chieftancy dan Gereja mendominasi hidupnya di sana. Pendeta Matyolo. Misi sekolah melatih orang kulit hitam untuk menjadi pegawai, interpreter, dan polisi. NM menjadi lebih religius sana. Dia mencuri jagung dari Rev Matyolo dan dihukum.


Pertemuan Tribal diadakan di sana menunjukkan demokrasi adat di Thembuland - konsensus ditekankan. Tapi perempuan warga negara kelas dua tanpa hak suara. NM menjadi tertarik dalam sejarah, belajar tentang pahlawan Afrika. Kepala Joyi menceritakan kepahlawanan Ngangelizwe yang memerangi Inggris dan rel terhadap orang kulit putih. Joyi mengatakan hitam hidup damai relatif sampai kedatangan orang putih dan menghancurkan persekutuan mereka. Belanda Jan Van Riesbeck tiba di Cape of Good Hope 1652.


Dia mengalami sunat ritual di 16 y / o c. 1934, bersama dengan Kehakiman dan 24 orang lain, untuk menjadi seorang pria dan mengesampingkan cara kekanak-kanakan. Hal ini dilakukan oleh sebuah ingcibi. Ia memperoleh nama sunat nya, Dalibunga. Kepala Meligqili, putra Dalindyebo, berbicara tentang bagaimana Xhosa adalah orang ditaklukkan, diperbudak di tanah mereka sendiri, diabaikan oleh dewa mereka Qamata.


Segera ia pergi ke Clarkebury Boarding Institute di Kabupaten Engcobo c. 1934, lembaga tertinggi pembelajaran bagi Afrika di Thembuland. Diajarkan oleh Pdt Harris, bekerja di kebunnya. Dia mengejek sebagai anak desa pada awalnya tetapi menjadi berteman dengan Mathona, teman pertama wanitanya.


Dia menghadiri College Weslayan di Healdtown dekat Ft. Beaufort 1937 19 y / o sekolah, terbesar untuk Afrika S khatulistiwa, juga sekolah misi. Kepala Arthur Wellington mempromosikan cita-cita bahasa Inggris. Memenuhi pembicara termasuk bahasa lain. Sotho dan mulai mengembangkan identitas yang lebih luas sebagai seorang Afrika, bukan hanya Thembu atau Xhosa. Membawa lari jarak jauh dan tinju. Xhosa penyair Krune Mqhayi kunjungan, mendesak para siswa dan berbicara dengan berani dan anti-Eropa mengenai bentrokan antara budaya Eropa dan Afrika. Dia galvanizes rasa baru nasionalisme Afrika di NM tetapi juga membuat daya tarik membingungkan untuk identitas Xhosa.


Pada tahun 1939 di 21 y / o, dia pindah ke University College di Fort Hare dalam kota Alice dekat Healdtown - itu adalah satu-satunya pusat perumahan pendidikan tinggi untuk orang kulit hitam di SA. Mendapat setelan pertamanya. Memenuhi keponakannya tua nya KD Matazima, dan belajar dari dan mendongak kepadanya. NM mengungkapkan umumnya sikap yang menguntungkan terhadap misionaris, meskipun mereka memegang sikap kolonialis. Memenuhi Prof ZK Matthews dan Prof DDT Jabavu. Studi Bahasa Inggris, anthro, politik, admin asli, dan Romawi hukum Belanda. Ingin menjadi petugas atau juru bahasa dalam Urusan Pribumi. Terpilih untuk House Komite. Apakah sepak bola, berlari, memainkan Lincoln dan belajar pidato, menari. Memenuhi Oliver Tambo, seorang sarjana ilmu pengetahuan.


Setelah pecahnya Perang Dunia II, Wakil PM Smuts pendukung akan perang terhadap Jerman. Tapi Nyathi Khongisa, sebuah ANC [African National Congress] anggota, pikirkan Smuts adalah rasis. SA, anggota persemakmuran Inggris, menyatakan perang melawan Jerman 1939 dan Smuts menjadi PM.


Memenuhi Paul Mahabane, putra Rev Zakheus M., dua kali presiden ANC. Paulus berdiri untuk hakim putih rasis yang mengharapkan kepatuhan.


Terpilih untuk Badan Perwakilan Mahasiswa tapi datang dalam konflik dengan Dr Kerr dan memutuskan untuk mengundurkan diri. Dr Kerr mengatakan kepadanya bahwa ia harus bergabung kembali untuk kembali pada tahun berikutnya.


Bupati telah mengatur pernikahan baginya dan Keadilan. Mereka memutuskan bahwa mereka harus melarikan diri ke Johannesburg untuk menghindari pernikahan dan kebingungan NM di sekolah tersebut. Mereka menjual dua lembu bupati untuk mengumpulkan uang. Masalah dengan persyaratan untuk melewati asli. Temui Kepala Mpondombini di Queenstown. Mereka meninggalkan jejak kebohongan dan penipuan, menyinggung kepala. Seorang ibu teman drive mereka ke J. Tiba 1941.

BAGIAN DUA
Johannesburg

Pertambangan emas di Witwatersrand (punggung bukit atau karang S J.) adalah menarik utama bagi pekerja. Memenuhi pertambangan kepala Piliso. Bupati ingin mereka kembali, tapi mereka menolak. Temui Dr AB Xuma, presiden umum dari ANC. Lebih terletak. Ditangkap karena memiliki pistol NM itu. Memenuhi Walter Sisulu, yang menjalankan sebuah kantor real estate dan membantu dia mendapatkan pekerjaan dengan pengacara Lazar Sidelsky sebagai petugas articled. Bergerak dengan Pendeta J. Mathubo dari Gereja Anglikan. Lebih terletak menyebabkan nya harus berangkat dan tinggal bersama keluarga Xhoma terdekat. Dia terus bekerja di malam hari dengan UNISA (Univ. of SA) untuk mendapatkan gelar BA. Memenuhi sesama karyawan Gaur Radebe, anggota ANC dan anggota terkemuka dari partai komunis (CP). NM sekarang 23 y / o. Sidelsky memperingatkan dia untuk menghindari politik. Nat Bregman menjadi teman pertama putih dan mencoba untuk mengubah dia untuk komunisme, membawanya ke banyak pertemuan, yang dicampur pertemuan ras. Memenuhi Michael Harmel.


Memimpin kehidupan kebebasan relatif menggembirakan dan kemiskinan di Alexandra Township, di mana Afrika bisa memiliki properti. Tempat pertama ia telah tinggal jauh dari Transkei. Goes lapar. Awal mencintai: Phyllis Maseko, Ellen Nkabinde (a Swazi), dan Xhoma putri Didi.


Bupati kunjungan tanpa menunjukkan tanda-tanda kepahitan terhadap NM, tapi Keadilan awalnya menolak untuk kembali ke rumah.


NM bergerak di 1942 ke Buruh Native Witwatersrand Association (WLNA) senyawa, yang bebas. Pengalaman lidah baru yang ada: Falagalo (amalgam an), dll Memenuhi mengunjungi termasuk kepala. Mabtsebo Moshwesgwe dari Lesotho (kemudian Basutoland). Ratunya mengkritik NM karena gagal belajar bahasa umat-Nya - mereka adalah salah satu orang dengan beberapa bahasa. Dia memiliki tumbuh rasa persatuan dan solidaritas Afrika.


Bupati meninggal 1942, Keadilan terjadi sebagai kepala. NM melewati ujian untuk BA melalui UNISA. Wisuda dihadiri oleh ibunya, No-Inggris, dan KD Matanzima (Daliwonga). Dia ingin NM untuk kembali ke Transkei, namun NM tahu dia bergerak menuju komitmen yang berbeda dan lebih luas kepada orang-orang SA secara keseluruhan.


Gaur mengatakan ANC adalah mesin untuk perubahan dan revolusi nikmat. Di Agustus 1943, ia berpartisipasi dalam Alexandra Bus boikot. Gaur mengundurkan diri dari firma hukum untuk memungkinkan NM untuk kemajuan dalam mendapatkan articled.


Pada tahun 1943, mendaftar di U of Witwatersrand di atttempt untuk mendapatkan LL.B. sebagai mahasiswa hukum hanya hitam. Encounters sikap rasis dan liberal campuran. Apakah buruk akademis.


Teman-teman putih: Memenuhi Joe Slovo, sebuah Komunis bersemangat dengan istrinya Ruth, baik anak-anak imigran Yahudi. Juga George Bizos (dari imigran Yunani) dan Bram Fischer (saham Afrikaner). Tony O'Dowd, Harold Wolpe (CP anggota). Jules Browde.


Teman India:. Ismail Meer (menjadi anggota kunci dari Transvaal Kongres India (TIC), JN Singh (di CP), dll Ditangkap ketika mencoba untuk naik kereta api dengan mereka meskipun tidak diperbolehkan sebagai "kafir" black Dipertahankan oleh Bram Fischer dan segera dibebaskan.

BAGIAN TIGA
Kelahiran Fighter Kebebasan

Diskusi pelanggaran pemerintah, segregasi, penghinaan. ANC menciptakan sebuah piagam, Klaim Afrika. Rumah Walter adalah Mekkah untuk aktivis. Memenuhi Anton Lembede (a Zulu Natal dari), yang kuliah terhadap kompleks inferioritas hitam dan untuk "Africanism", pendukung mencair jauh dari perbedaan etnis, melihat nasionalisme Afrikaner sebagai prototipe untuk Afrika (kulit hitam) nasionalisme, penawar hanya untuk pemerintahan asing dan imperialisme. Melihat paternalistik kolonialisme Inggris sebagai ilusi, nikmat nasionalisme Afrika militan. Juga bertemu AP (Peter) Mda, yang lebih praktis. Juga bertemu Dr Lionel Majombozi, Victor Mbobo, William Nkomo (med student, CP), Jordan Ngubane, David Bopape (SecY dari ANC dan anggota CP).


Dr Lionel Majombozi mempromosikan pembentukan Liga Pemuda aktivis lebih dari ANC. Dia dan kontingen dengan NM pergi ke Dr Xuma, kepala ANC, untuk mempromosikan ide ini, namun ia menentang, tapi mereka membentuk tetap Paskah 1944. Lembede dibuat presiden, NM pada Exec. comm. "Nasionalisme Afrika adalah semboyan kami, dan kepercayaan kita adalah penciptaan satu bangsa keluar dari banyak suku, penggulingan supremasi kulit putih, dan pembentukan bentuk yang benar-benar demokratis." Ditolak ide perwalian oleh kulit putih. Mereka waspada terhadap komunisme sebagai ideologi asing.


NM menghabiskan banyak waktu dan hidup untuk sementara waktu dengan Walter Sisulu. Memenuhi Evelyn Mase, seorang perawat dalam pelatihan dari Engcobo di Transkei, menikah [nya c. 1945].


Pemogokan penambang 1946 dipimpin oleh Tambang Pekerja Afrika Union AMWU (JB Marks presiden, anggota CP). Kejam pembalasan oleh polisi. NM bertemu dengan Marks untuk membahas peran komunisme. Marks dan lain-lain ditangkap.


Semakin represif pemerintah bertindak. Asiatic Kepemilikan Tanah Undang-Undang (UU Ghetto) 1.946 memprovokasi perlawanan pasif India 1946, banyak penangkapan. Ini istirahat takut penjara bagi banyak orang, meningkatkan kekuatan Transvaal Kongres India (TIC) dan Natal Indian Congress (NIC).


Pada tahun 1946, ia bergerak dengan Evelyn ke rumah di Orlando Timur dan segera 8115 Orlando West dalam apa yang akan menjadi Soweto besar. Ini adalah rumah pertama sendiri dan merupakan rumah dia ingat sayang di penjara. Anak Madiba Thembekile lahir 1946, NM adik Leabie bergabung dengan mereka. Jarang di rumah.


Pada tahun 1947, melengkapi periode 3-tahun artikel dengan Sidelsky et al dan memutuskan untuk menjadi mahasiswa penuh waktu di Wits untuk mendapatkan LL.B. Putri Makaziwe lahir, meninggal pada 9 bulan. Lembede meninggal, digantikan oleh Peter Mda (pres. Pemuda League). NM tetap mewaspadai komunisme, memecah pertemuan CP, dan tidak mendukung partisipasi India di ANC (saat ini).


1.947 Terpilih ke Transvaal EC (Exec. Komite) dari ANC. "Pakta Dokter" The menyatukan TIC, NIC, dan ANC melawan musuh mereka, kemudian bergabung dengan Organisasi Rakyat Afrika (APO, kelompok berwarna). Meskipun kelompok menghadapi masalah yang berbeda, hal ini meletakkan dasar untuk kerjasama masa depan ...


Kemenangan Partai Nasional represif pada tahun 1948 atas Smut United Party. Dipimpin oleh Dr Daniel Malan, yang menganjurkan apartheid dimasukkan ke dalam hukum, bukan hanya de facto. Afrikaner tidak lagi didominasi oleh Inggris. NM dan Liga Pemuda kulit hitam lebih nikmat India dan Coloureds. New represi oleh pemerintah. memobilisasi aktivisme ANC. Dr Xuma menolak aktivisme - Liga Pemuda mempromosikan kejatuhannya mendukung JS Maroka sebagai pres baru. dari ANC. NM masih waspada terhadap peran India dan komunis.


Pemogokan umum diselenggarakan untuk 1 Mei 1950 mengarah ke penembakan oleh polisi dari 18. Hari Nasional Protes 26 Juni 1950 ("Hari Kebebasan") memprotes pembunuhan dan Pemberantasan UU Komunisme. ANC menutup peringkat dengan SA Kongres India (SAIC), APO, dan CP, yang sekarang mendukung NM.


Makgatho anak NM yang lahir 1950.


Sikap keras terhadap komunisme pelunakan. Memutuskan untuk mempelajari tulisan-tulisan Marx, Engels, Lenin, Stalin, Mao, dll Beberapa sulit untuk memahami, tetapi berhubungan dengan baik untuk panggilan Marx untuk aksi revolusioner. Ini adalah mengapa ia menjadi lebih menerima dengan partisipasi oleh komunis.


Lebih govt. represif tindakan. Populasi Registration Act, Grup Area Act 1950, Perwakilan terpisah Pemilih Act, Pemerintah Bantu Act menyebabkan demonstrasi lagi. Sisulu menunjukkan penjara disengaja. NM masih takut partisipasi India dan Coloureds, tapi setelah pemungutan suara nasional menegaskan partisipasi mereka dalam ANC, acquiesces NM dan perubahan pikiran dari saat itu. Rencanakan demonstrasi massal April 6, 1952 (Defiance Kampanye) kecuali tuntutan dipenuhi. Driver NM yang kita uji. Membahas apakah tindakan harus mengikuti Gandhi dan menjadi tanpa kekerasan (satyagraha), seperti yang dianjurkan oleh Gandhi sekarang putra Manilal, anggota dari SAIC. NM ditangkap. Keanggotaan ANC naik.


Keselamatan Publik Undang-Undang 1953, Undang-Undang Hukum Pidana Perubahan memungkinkan hukuman fisik dari tahanan. Marks dilarang, pres NM terpilih. dari Transvaal ANC. Pengadilan 21 incl. NM di September 1952, dihukum karena "komunisme hukum", NM menerima hukuman percobaan. Kampanye Defiance berakhir.

BAGIAN EMPAT
Perjuangan adalah Hidup Saya

Kepala Albert Luthuli terpilih pres baru. ANC (b. Rhodesia Selatan, educ. Natal). NM dilarang. NM mengembangkan "Rencana Mandela" untuk bagaimana ANC harus berfungsi tanah setelah menjadi ilegal ...


Bekerja untuk firma hukum yang berbeda. Telah menyerah belajar untuk LL. B. setelah gagal ujian berulang kali. Melewati ujian kualifikasi untuk praktek hukum w / o LL.B., mulai praktek sendiri 1952, bergabung dengan Oliver Tambo - praktek hanya semata-mata hitam di SA, menjadi sangat banyak permintaan.


Pemerintah relokasi kulit hitam dari Sophiatown di bawah skema Removal di Area Barat ... NM gegabah publik pendukung kekerasan dan penentangannya terhadap resistensi gaya Gandhi pasif. Dikritik karena ini oleh ANC sebagai prematur. NM menunjukkan bahwa Walter Sisulu mencoba untuk mengatur senjata dari China (tidak berhasil).


NM dipaksa untuk mengundurkan diri dari ANC dan dilarang, dibatasi ke Johannesburg 1953. Upaya untuk menghilangkan gelar adpokat dia. Penghapusan akhir Sophiatown dari Februari 1955. Rasis pendidikan, kelulusan dari Bantu Pendidikan UU dipromosikan oleh Verwoerd. Sekolah boikot 1955.


ANC menarik sebuah daftar prinsipal, Piagam Kebebasan, dan panggilan untuk Kongres Nasional Rakyat atau konvensi. Mengundang partisipasi 200 incl organisasi. Org SA berwarna Rakyat. (SACPO) dan Kongres Demokrat (COD). Kongres Rakyat memenuhi 1955, namun polisi istirahat itu. Piagam, Piagam Kebebasan menjadi dokumen pedoman. Beberapa objek untuk rasa sosialis dan pengaruh kelebihan komunisme.


1.955 perjalanan ke Transkei, menikmati musik Afrika, melihat ibu dan saudara, mengunjungi Cape Town. Melihat bahwa beberapa orang di negeri ini siap untuk membuat pengorbanan pribadi yang besar bagi penyebabnya.


Pemerintah. Rencana menetas oleh Verwoerd untuk mengembangkan wilayah yang terpisah Bantu (bantustans). NM dilarang 1956. Membawa tinju lebih serius.

BAGIAN LIMA
Pengkhianatan

Ditangkap Desember 1956 untuk pengkhianatan tingkat tinggi bersama dengan 141 orang lain, dituduh konspirasi untuk melakukan kekerasan dan penggulingan pemerintah tersebut. dan menggantinya dengan negara komunis.


Pernikahan untuk mengungkap Evelyn. Memiliki Makaziwe putri 2. Dia meninggalkan dan mengambil anak-anak dan semua perabotan c. 1957. Nya lembut perasaan untuk Thembi anaknya, kemudian 10.


Persiapan sidang. Dana Pertahanan didukung oleh Alan Paton.


Memenuhi Nomzamo Winifred "Winnie" Madikzela, dari Transkei dan bekerja sebagai pekerja sosial di rumah sakit. Dia pengadilan dan file untuk bercerai dengan Evelyn. Menikahi 1958.


Pemogokan umum yang direncanakan 1958 adalah kegagalan ANC.


Masalah kebutuhan tiket untuk wanita. Winnie bergabung dalam protes dan ditangkap dengan banyak orang lain.


Pengadilan-Nya bergeser ke Pretoria. 13 Oct semua tuduhan dakwaan ditarik, tetapi biaya baru segera dipulihkan. Putri mereka lahir Zenani 1958.


Sebuah saingan ANC, Pan Africanist Kongres (PAC) membentuk April 1959 di bawah pres Robert Sobukwe. (Dan Potlako Leballo natl. SecY), nikmat aksi militan dan Africanist keanggotaan (hitam) murni, menentang kerjasama antar, bertindak berulang kali sebagai spoiler untuk ANC dan bergerak pada kali dalam praktik penipuan ke arah itu. Gaur bergabung itu, meski ditentang eksplisit terhadap komunisme (yang menyebabkan mendukungnya oleh American negara dept atas ANC).


1.959 oposisi terhadap kenaikan bantustans. Persidangan. PAC demo. Pembantaian Sharpeville slays 69 demonstran tak bersenjata hitam 21 Maret 1960.


NM ditangkap kembali Mar 1960. ANC dinyatakan ilegal April 1960. Pertahanan mengundurkan diri, Mandela dan lain-lain melakukan pertahanan mereka sendiri. NM bersaksi 3 Agustus. Putri Zindziswa lahir c. Dec.1960. NM membuat rencana untuk pergi bawah tanah jika sidang menang. Menghadiri All-in Konferensi Maret 1961 di Natal. Ditemukan tidak bersalah 26 Maret 1961 setelah 4 tahun di pengadilan, yang mencerminkan keadilan penting dari sistem peradilan.

BAGIAN ENAM
The Pimpernel Hitam

Segera berjalan di bawah tanah, yang disebut Pimpernel Hitam. Perdebatan ANC mengambil kekerasan. NM mengutip keberhasilan Castro. ANC membuat keputusan untuk mengatur gerakan militer yang terpisah dari itu, disebut Umkhonto we Sizwe (Tombak Bangsa, atau MK), dipimpin oleh NM. Dia merekrut Joe Slovo, membaca karya-karya revolusioner Che Guevara seperti, Mao, Castro, Menachim Mulai.


Kepala Luthuli memenangkan hadiah Nobel perdamaian.


NM bersembunyi di rumah aman berbagai, akhirnya di Farm Liliesleaf di Rivonia. Dimulai kampanye sabotase terhadap jaringan listrik dan telepon, pembangkit listrik, instalasi militer, jaringan transportasi, kantor pemerintah, dll Gadai awalnya untuk cadangan kehidupan manusia. Bom dimulai 16 Desember, [1916?] Hari Dingane, ketika kulit putih merayakan kekalahan Dingane pemimpin Zulu di Pertempuran Sungai Darah 1838. Polisi meluncurkan serangan balasan terpadu.


NM diundang untuk menghadiri Gerakan Kebebasan Pan Afrika Timur Tengah dan Afrika Selatan (PAFMECSA) di Addis Ababa Februari 1962. Perjalanan ke Lobatse di Bechuanaland (Botswana), maka Mbeya di Tanganyika (sebuah negara black diperintah oleh orang kulit hitam, sekarang barat dan timur Tanzania Zaire), Dar es Salam (di Tanganyika [Tanzania]), Accra (di Ghana!, Setelah berhenti di Sudan di Khartoum), kembali ke Khartoum, dan akhirnya Addis Ababa di Ethiopia ... Memenuhi banyak pemimpin dari negara-negara lain. Goes ke Kairo, Tunis, Maroko, Aljazair, Bamako (Mali), Guinea, Sierra Leone, Liberia, Ghana, Senegal, London. Mendapat pelatihan militer di Addis Ababa. Pengembalian secara rahasia ke Johannesburg.

BAGIAN TUJUH
Rivonia [Percobaan]

Ditangkap 5 Agustus 1962 dan didakwa menghasut pemogokan dan meninggalkan negara secara ilegal. Sanksi PBB terhadap SA dimulai pada tahun 1962. NM dihukum 5 tahun. Merendahkan pengobatan di penjara.


Sabotase bertindak 1962. Ditransfer ke Robben Island (off Cape Town pantai) Mei [? 1963]. Memalukan dan merendahkan pengobatan, perlawanan untuk itu. Rivonia diserbu oleh polisi Juli 1963, menemukan bahan yang memberatkan terhadap NM, ia didakwa dengan sabotase, pelanggaran berat.


Oktober 1963 sidang Rivonia dimulai. Anggota keluarganya dianiaya. Nya pertahanan dan pertahanan cita-cita ANC. "Selama hidup saya, saya telah mendedikasikan diri untuk perjuangan rakyat Afrika, saya telah berjuang melawan dominasi putih,. Dan aku telah berjuang melawan dominasi hitam. Saya telah dihargai cita-cita masyarakat yang demokratis dan bebas di mana semua orang hidup bersama dalam harmoni dan dengan kesempatan yang sama Ini. ideal yang saya harap untuk hidup dan untuk mencapai. Tapi jika kebutuhan akan, itu adalah ideal untuk yang saya siap untuk mati. " Dia ditemukan bersalah dan memutuskan untuk tidak mengajukan banding. Menerima hukuman seumur hidup 12 Juni 1964.

BAGIAN DELAPAN
Robben Island: Tahun Gelap

Dia ditempatkan di bagian B dari Robben Island. Menghancurkan batu. Dipaksa untuk memakai celana pendek. Diet dan diskriminasi ras lainnya. Pembatasan pengunjung, surat, dan melarang dari fotonya atau kata-kata di depan umum. Winnie kunjungan. Bekerja di tambang kapur. Perjuangan untuk berita dan surat kabar. Kelaparan pemogokan 1966.


Verwoerd meninggal. Keberhasilan dari Organisasi Selatan-Afrika Barat Rakyat (SWAPO) di Namibia. Pengorganisasian di penjara politik. Kekejaman sipir. Investigasi oleh MP Ibu Helen Suzman.


Semakin negara polisi brutal, SA Pertahanan Angkatan SADF. Pembebasan gerakan dan pertempuran ANC di Zimbabwe / Rhodesia. Luthuli meninggal 1967. Permusuhan oleh PAC terhadap ANC. Organ ANC Tinggi terbentuk di Robben Island.


Ibu mengunjungi dan meninggal segera setelah tahun 1968. Winnie ditangkap Mei 1969.

BAGIAN SEMBILAN
Robben Island: Awal ke Hope

Perbaikan. Gereja dan pelayanan Kristen. Plot untuk membunuhnya. Pemukulan terhadap tahanan diselidiki, digulingkan sipir Badenhorst menunjukkan kemanusiaan-Nya pada meninggalkan.


Masuknya tentara MK yang sangat militan. Pemanenan rumput laut. "Universitas" di dalam penjara. Silabus diselenggarakan oleh tahanan ANC senior untuk mendidik tahanan baru tentang ANC. Nya hukum pertahanan kerja bagi orang lain.


Winnie lagi dipenjara. Bram Fischer meninggal. Melarikan diri dipertimbangkan, tapi itu adalah setup dan dia memutuskan untuk tidak. NM menulis memoar, yang diselundupkan keluar tapi rupanya hilang (mereka terdiri dari bagian utama dari buku ini, tidak jelas bagaimana atau jika mereka wre pulih).


Tawaran dari Menteri penjara Jimmy Kruger. Soweto pemberontakan 1976. Gerakan Kesadaran Hitam. Dia diizinkan untuk taman, tenis.


Winnie internal diasingkan 1977. Botha berhasil Vorster. Gratis Mandela kampanye 1980.


Sabata digulingkan oleh KD Matanzima di Transkei 1980. NM dipindahkan ke penjara Pollsmoor, berkat campuran memproduksi lebih nyaman, tetapi isolasi lebih besar dari rekan-rekannya di Robben Island.

BAGIAN SEPULUH
Berbicara Dengan Musuh

Lingkungan yang nyaman Nya. Hubungi kunjungan dengan Winnie diperbolehkan 1984 tentang.


MK bom mobil menewaskan 1.983 serangan 19 incl. sipil escaltes tingkat kekerasan ANC. 1.984 Uskup Desmond Tutu diberikan hadiah Nobel. NM ditawarkan kebebasan 1985 di pertukaran untuk kekerasan menyangkal, menolak.


Peraba rahasia untuk negosiasi dimulai. 1.986 Negara Darurat dideklarasikan. Bertemu dengan Menteri Kehakiman 1.986 Kobie Coetsee. Pertemuan Kelompok Kerja mulai 1.988 antara NM dan pejabat tinggi beberapa. NM menolak untuk meninggalkan perjuangan bersenjata, pemisahan dari ANC dengan CP, atau ide kekuasaan mayoritas. NM kontrak pleuritis TB.


1988, mendapat rumah baru di penjara Victor Verster, sebuah pondok yang bagus lengkap dengan koki. Dia menerima kunjungan dari Front Demokratik Serikat (UDF) dan Gerakan Demokratik Mass (MDM) dan menikmati kebebasan yang lebih besar.


Winnie mendapat masalah dengan pengawalnya, satu meninggal.


FW de Klerk mengambil alih sebagai kepala Partai Nasional setelah mengundurkan diri Botha (meskipun Botha tetap pres. SA). NM bertemu dengan Botha, 4 Juli 1989. Di Agustus Botha mengundurkan diri sebagai Pres SA. dan De Klerk menjadi pres dari SA. Banyak tahanan politik dibebaskan Oktober 1989. Upaya dimulai per De Klerk untuk membongkar apartheid. NM bertemu dengan de Klerk 13 Desember 1989. Dia dibebaskan dari penjara di Cape Town 11 Februari 1990 sampai kegemparan besar.

BAGIAN SEBELAS
Kebebasan

Parade dan kebingungan dalam massa pendukung di Cape Town. Bertemu dengan ANC di Lusaka Zambia Februari 1990. Meningkatnya oposisi terhadap ANC oleh Zulu Kepala Mangosuthu Buthelezi, kepala Inkatha Freedom Party (IFP) dan menteri kepala KwaZulu, dan oleh Raja Zulu Goodwill Zwelithini. Pertempuran pecah di Natal Maret 1990, diam-diam digerakkan oleh polisi SA, dan polisi melakukan apa-apa untuk menyelidiki. Polisi menyerang demonstran ANC.


NM perjalanan ke Qunu untuk menghormati ibunya meninggal dan Pulau Robben untuk membujuk tahanan MK untuk menerima amnesti. Perjalanan ke Eropa dan Amerika Utara, NM melihat orang Eskimo.


Kekerasan di SA memburuk. ANC setuju untuk menangguhkan perjuangan bersenjata Agustus 1990. Meningkatkan kekerasan di pedesaan dengan keterlibatan polisi dan keterlibatan Angkatan Ketiga. IFP membuat serangan biadab Juli 1990 dan pada ANC November 1990. Oliver Tambo kembali ke SA 1990 (menjabat peran diplomatik penting atas nama ANC selama bertahun-tahun pengasingannya). NM bertemu dengan Kepala Buthelezi, tapi tidak bisa menyimpulkan perdamaian dengan IFP belum.


Winnie dihukum karena penculikan Februari 1991.


Konvensi untuk SA Demokrat (CODESA) pembicaraan dimulai Desember 1991. De Klerk menjadi agresif tetapi dimentahkan tegas oleh NM. Pemerintah. mendanai serangan rahasia di ANC. Referendum Maret 1992.


Dia mengumumkan pemisahan dari Winnie April 1992 karena alasan pribadi yang tidak ditentukan.


Kebuntuan dalam pembicaraan CODESA2. ANC berencana aksi massa Juni 1992. IFP menyerang orang ANC Juni 1992. Umum pemogokan Agustus 1992. Pemerintah. membuat ancaman terhadap ANC. A Record of Understanding yang ditandatangani September 1992 antara NM dan pemerintah SA.


NM mendapat rumah baru. Chris Hani dari MK ditembak. Tambo meninggal.


Konstitusi sementara. NM memenangkan hadiah Nobel perdamaian 1993. Kampanye pemilihan. Buthelezi setuju untuk berpartisipasi pada menit terakhir dengan imbalan jaminan. Pemilu April 26, 1994. ANC memenangkan 62,6%. De Klerk membuat pidato konsesi ramah. New govt. diresmikan 10 Mei 1994. Penekanan pada pemerintah nonracial demokratis.


Nya perayaan rakyat SA, kebaikan dan kemurahan hati. Nya menyesal karena tidak mampu untuk benar melayani istrinya, ibu, dan anak-anak. Nya lapar untuk kebebasan bagi umat-Nya. Berjalan-jalan ke kebebasan belum berakhir.


McGoodwin.Net logo 120


Halaman www.mcgoodwin.net / pages / otherbooks / nm_longwalk.html

Halaman yang dibuat oleh Michael McGoodwin
Terakhir diperbaharui: 18 Februari 2006

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar