Sabtu, 31 Mei 2014

ABDURRAHMAN AL MAHDI

Beliau adalah Abdurrahman bin Mahdi bin Hassan Al-Anbari Al-Luklu’i Al-Hafizh Al-Kabir Imamul Ilmi, Asy-Syahir. Kun-yah beliau adalah “Abu Sa’id”. Beliau dilahirkan pada tahun 135 H. Sejak usia belia, beliau sudah rajin dalam menuntut ilmu agama.

Guru dan Murid Abdurrahman bin Mahdi

Di antara guru beliau adalah Aiman bin Nabil, Mu’awiyah bin Shaleh, Abu Khaldah, Syu’bah, Sufyan Ats-Tsauri, dan beberapa ulama lainnya. Sementara, murid beliau, antara lain: Abdullah bin Mubarak, Ahmad bin Hambal, Ishaq bin Rahawaih, Ali bin Al-Madini, Bundar, dan masih banyak ulama lainnya.

Pujian untuk Abdurrahman bin Mahdi

Ali bin Al-Madini mengatakan, “Manusia yang paling paham tentang hadis adalah Abdurrahman bin Mahdi.” Ayub Al-Mutawakil mengatakan, “Jika kami ingin membandingkan dunia dengan agama maka kami datang ke rumah Abdurrahman bin Mahdi.” Muhammad bin Abu Bakar Al-Muqadami mengatakan, “Saya tidak pernah melihat seorang pun, yang lebih teliti terhadap sesuatu yang dia dengar dan terhadap hadis, melebihi Abdurrahman bin Mahdi.” Al-Qawariri mengatakan, “Dua puluh ribu hadis didiktekan kepada saya oleh Ibnu Mahdi dengan hafalan.” Ahmad bin Sinan mengatakan, “Ketika Abdurrahman bin Mahdi menyampaikan kajian, tidak ada satu pun orang yang berbicara, menajamkan pensilnya, dan tidak ada yang berdiri. Seolah-olah di atas kepala mereka ada burung atau seolah-olah mereka sedang salat …. Bacaan beliau setiap malam adalah setengah Alquran.”

Wafatnya Imam Abdurrahman bin Mahdi

Beliau meninggal pada bulan Jumadil Akhir, tahun 198 H. Meninggalkan anak dan bapaknya, Mahdi. Beliau memiliki beberapa tulisan dalam masalah hadis. Semoga Allah merahmati Imam Abdurrahman bin Mahdi. (Adz-Dzahabi, Tadzkirah Al-Huffazh, Al-Maktabah Asy-Syamilah, no. urut 313)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar