Jumat, 30 Mei 2014

ABDURRAHMAN IBN HAWQAL

Muḥammad Abu'l - Qasim Ibn Ḥawqal ( bahasa Arab : محمد أبو القاسم بن حوقل , lahir di Nisibis , Upper Mesopotamia ; [ 1 ] bepergian 943-969 M) adalah seorang Muslim abad ke-10 penulis Arab , geografi , dan penulis sejarah . Karya monumentalnya , ditulis dalam 977 , disebut Surat al - ' ard ( صورة الارض , " Wajah Bumi " ) . Tanggal kematiannya tidak diketahui secara tepat . Berdasarkan tulisan-tulisannya , ia meninggal setelah 378 H / 988 CE
Apa sedikit yang diketahui dari hidupnya adalah ekstrapolasi dari bukunya , yang merupakan revisi dan perpanjangan Masālik ul - Mamalik dari Istakhri ( 951 ) . Itu sendiri adalah edisi revisi dari Suwar al- aqālīm dari Ahmed ibn Sahl al - Balkhi , yang menulis tentang 921 .
Ibn Hawqal jelas lebih dari editor ; dia adalah seorang traveler yang menghabiskan sebagian besar waktunya menulis tentang daerah dan hal-hal yang ia lihat . Ia menghabiskan 30 tahun terakhir hidupnya bepergian ke daerah-daerah terpencil di Asia dan Afrika . Salah satu perjalanannya membawanya 20 ° selatan dari khatulistiwa sepanjang pantai Afrika Timur . Salah satu hal yang ia perhatikan adalah bahwa ada sejumlah besar orang yang tinggal di daerah bahwa Yunani , bekerja dari logika daripada pengalaman , kata harus dihuni .
Deskripsi -Nya , pada waktu itu , dianggap akurat dan sangat membantu untuk wisatawan . Surat Al - ' ARD termasuk penjelasan rinci tentang Muslim yang dikuasai Spanyol, Italia dan khususnya Sisilia . Ibnu Hawqal mencatat bahwa daerah Fraxinet ( La Garde - Freinet ) yang kaya dibudidayakan oleh penduduk Muslim , dan mereka telah dikreditkan dengan sejumlah inovasi pertanian dan perikanan untuk daerah. Kesulitan dengan menggunakan Ibnu Hawqal sebagai sumber utama adalah bahwa ia menulis dalam ' akar dan alam ' genre, dan ada contoh humor abad ke-10 di account-nya dari Sisilia selama dinasti Fatimiyah Kalbid - . Dalam melakukan hal ini ia sering melebih-lebihkan ; ia menggambarkan penduduk Kristen dari Palermo sebagai beradab dan biadab .
Dia juga menyebutkan " Lands dari Roma , " istilah yang digunakan oleh dunia Muslim untuk menggambarkan Kekaisaran Bizantium . Di dalamnya , antara lain , ia menjelaskan pengamatan tangan pertama bahwa 360 bahasa digunakan di Kaukasus , dengan Azeri dan bahasa Persia yang digunakan sebagai Lingua Franca di Kaukasus , ia juga memberikan deskripsi dari Kiev , dan dikatakan memiliki disebutkan rute dari Bulgar Volga dan Khazar , mungkin dengan Sviatoslav I dari Kiev . [ 2 ] ia juga menyebutkan dan menerbitkan peta kartografi dari Sindh , ia menyebutkan geografi dan budaya Sindh dan Sungai Indus .
Karya Ibn Hauqal yang diterbitkan oleh MJ de Goeie ( Leiden , 1873) . Sebuah lambang anonim dari buku itu ditulis dalam 1233

Tidak ada komentar:

Posting Komentar